Tips Sederhana Untuk Merawat Knalpot Agar Tetap Awet

Tips Sederhana Untuk Merawat Knalpot Agar Tetap Awet ---Perawatan sepeda motor yang baik bukanlah hanya pada bagian mesinnya saja, namun pada bagian lain seperti knalpot juga wajib untuk dirawat dengan baik agar tetap awet dan tidak keropos. Knalpot sepeda motor telah mengalami transformasi yang beragam baik dari segi penampilan maupun suara.
Tips Sederhana Untuk Merawat Knalpot Agar Tetap Awet
Akhir-akhir ini kenalpot tidak hanya digunakan untuk keperluan fungsional, tetapi juga estetika. Namun, performa motor takkan sempurna jika knalpot mengeluarkan suara yang bising dan mengalami disfungsi. Terkait hal itu, perawatan tempat penyalur gas sisa pembakaran ini sangat diperlukan karena rawat berkarat dan mengalami kebocoran. Kondisi seperti itulah yang dapat mengeluarkan suara bising. Karat pada knalpot tidak hanya dipengaruhi oleh usia motor tetapi juga dipengaruhi oleh karena adanya perbedaan suhu di luar dan di dalam pipa knalpot. Untuk menghindari hal tersebut Anda dapat mengikuti beberapa tips berikut.
  • Perhatikanlah jenis knalpot yang dimiliki sebelum melakukan perawatan. Hal ini dimaksudkan agar knalpot mendapatkan perawatan yang tepat. Tipe original atau standar 4-tak cenderung memiliki karakteristik yang kering. Sehingga panas yang dihasilkan dapat menyebabkan karat.
  • Dalam perawatannya mesin sebaiknya tidak dipanaskan terlalu lama karena dapat membuat knalpot menguning. Oleskan oli secukupnya ke dalam lubang knalpot secara rutin. Minimal dua bulan sekali.
  • Jika knalpot mulai berkarat, bersihkanlah kotoran yang menempel dengan amplas atau sikat kawat atau Anda bisa menggunakan oli. Oleskan oli bekas pada leher knalpot lalu hidupkan mesin selama kurang lebih dua menit agar oli menyerap. Berangsur-angsur kotoran akan terkisis seiring dengan mengeringnya oli. Usaha pencegahan lainnya adalah dengan mengeringkan knalpot segera setelah dicuci.
  • Sementara itu, Anda perlu melakukan perawatan yang lebih intensif untuk tipe knalpot racing. Tipe knalpot ini cenderung lebih cepat berkarat dibandingkan tipe original. Cara pencegahannya yaitu, oleskanlah pelumas bekas di bagian leher knalpot sebelum dipasang. Kemudian hidupkan mesin selama dua menit dan oli akan menguap. Hal ini akan membuat kondisi knalpot tetap terjaga.
Demikianlah informasi mengenai Tips Sederhana Untuk Merawat Knalpot Agar Tetap Awet yang dapat MotorAlap sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menjadi sumber inspirasi bagi kamu dalam melakukan perawatan sepeda motor kesayangan, terima kasih atas kunjungannya!
 
© Copyright 2016 - 2017 Inspirasi Dunia Otomotif | Powered by Blogger.com.