Tips dan Cara Mengatasi Rem Cakram Yang Berat

Tips dan Cara Mengatasi Rem Cakram Yang Berat ---Rem merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada sepeda motor, dengan adanya rem maka keamanan bagi para pengendara apat lebih terjaga. Namun bagaimana jika rem tersebut malah membuat sepeda motor kesayangan kamu menjadi berat? Tentu saja hal it sangat mengganggu.
Tips dan Cara Mengatasi Rem Cakram Yang Berat
Namun kamu tidak perlu khawatir, karena dalam kesempatan kali ini MotorAlap akan mencoba berbagi informasi tips untuk mengatasi masalah tersebut yaitu Tips dan Cara Mengatasi Rem Cakram Yang Berat, berikut informasi lengkapnya untuk kamu.

Perangkat rem di motor rawan terhadap kotoran yang disebabkan debu dan air hujan. Tak ada salahnya buat melakukan pengecekan di komponen yang cukup vital ini. Jika lalai melakukan pemeriksaan rem cakram, berbagai masalah akan muncul pada komponen yang berfungsi untuk mengurangi laju kendaraan ini.

Biasanya yang sering dialami pengendara, tuas rem yang terasa berat saat ditekan. Banyak yang mengalami kejadian ini pada rem cakram. Meskipun sudah diganti, kampas rem dan minyak rem tuas rem masih saja terasa berat.

Hal itu dikarenakan engsel rem yang juga berfungsi sebagai dudukan kaliper kotor dan kurang pelumasan. Penyebabnya, karet pelindung engsel yang rusak atau aus. Kalau sudah kotor, akibatnya piston tidak bisa bergerak leluasa.

Untuk mengatasinya, lakukan pembersihan komponen engsel itu. Sebelumnya, lepaskan braket caliper rem dari dudukannya. Setelah terlepas, selanjutnya kita lepas engsel dari caliper. Biasanya, engsel yang terdapat pada bracket ini susah dibuka karena karat ataupun debu yang menempel. Semprotkan cairan penetran supaya bisa melepasnya.

Setelah engsel terlepas, tinggal bersihkan. Setelah itu, oleskan grease biar pergerakannya bisa lancar kembali. Rakit lagi deh. Mudah kan?

Demikianlah informasi mengenai Tips dan Cara Mengatasi Rem Cakram Yang Berat yang dapat MotorAlap sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadi sumber inspirasi bagi kamu, selamat mencoba!
 
© Copyright 2016 - 2017 Inspirasi Dunia Otomotif | Powered by Blogger.com.