Tips dan Cara Mengencangkan Baut dan Mur Tanpa Kunci Momen

Tips dan Cara Mengencangkan Baut dan Mur Tanpa Kunci Momen ---Bagi kamu yang sering belajar montir dan sedikit mengotak-atik sepeda motor kesayangan pasti sudah biasa berhubungan dengan yang namanya kunci momen, namu bagaimana jika kunci momen yang kamu miliki tersebut tidak lengkap?
Tips dan Cara Mengencangkan Baut dan Mur Tanpa Kunci Momen
Kamu tidak perlu khawatir karena masalah tersebut bisa diatasi dengan tips yang akan disampaikan oleh MotorAlap dalam kesempatan kali ini yaitu Tips dan Cara Mengencangkan Baut dan Mur Tanpa Kunci Momen, berikut informasi lengkapnya untuk kamu.

Tiap baut punya batasan kekencangan. Kurang dari batas itu, akibatnya bisa kendur ketika dipakai. Lebih dari itu, punya konsekuensi baut atau mur menjadi dol bahkan patah. Misalnya untuk mur di kepala silinder Honda Scoopy FI. Skubek retro injeksi ini punya batasan torsi 8 N.m atau 1,8 kgf.m buat mur silinder headnya. Sedangkan untuk bautnya, 12 N.m atau 1,2 kgf.m.

Buat ketahui keakuratan torsi pengencangan, kudu pakai kunci momen alias kunci torsi. Sayangnya belum tentu semua bengkel umum atau sobat punya, karena harga kuncinya yang cukup mahal. Jika memang tools terbatas, masih ada cara lain yang bisa digunakan. Yaitu, menambahkan sekitar 1/8 putaran lagi setelah dikencangkan pakai tangan.

Caranya begini! Masukkan mur atau baut pakai tangan lebih dulu. Jangan langsung gunakan kunci. Pakai tangan karena lebih sensitif buat merasakan putaran ulir. Setelah masuk atau diputar 2 – 3 ulir, lanjutkan memutarnya pakai kunci hingga kencang. Jika sudah kencang, barulah tambahkan 1/8 putaran lagi.

Tetapi, ketika mengencangkan, kunci tidak boleh disambung. Karena kekuatan pengencangannya pasti berbeda. Tiap produsen kunci sudah mempertimbangkan aspek ini. Ambil contoh, panjang kunci 12 mm dengan 22 mm, pasti berbeda ukuran

Demikianlah informasi mengenai Tips dan Cara Mengencangkan Baut dan Mur Tanpa Kunci Momen yang dapat MotorAlap sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan mnejadi suber inspirasi bagi kamu, selamat mencoba!
 
© Copyright 2016 - 2017 Inspirasi Dunia Otomotif | Powered by Blogger.com.