Tips dan Cara Mengurangi Hentakan Mesin Pada Sepeda Motor

Tips dan Cara Mengurangi Hentakan Mesin Pada Sepeda Motor ---Mengendarai sepeda motor yang memiliki getaran kuat tentu saja akan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan penggunanya, selain itu hentakan mesin yang kuat juga dapat membahayakan pengendara tersebut.
Tips dan Cara Mengurangi Hentakan Mesin Pada Sepeda Motor
Namun dengan penyetelan mesin yang pas sebenarnya hentakan tersebut dapat di minimalkan atau dikurangi, dan dalam kesempatan kali ini MotorAlap akan mencoba berbagi informasi yang dapat membantu kamu dalam mengurangi hentakan pada mesin tersebut yaitu Tips dan Cara Mengurangi Hentakan Mesin Pada Sepeda Motor, berikut informasi lengkapnya.

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah untuk meminimalkan getaran atau hentakan pada mesin sepeda motor kesayangan kamu antara lain :

  • Penyetelan kabel kopling yang kurang pas. untuk kopling manual ketika pengendara memasukkan gigi tranmisi, kopling akan berfungsi melepaskan beban kendaraan dengan mesin motor, disinilah peran kopling yang bekerja dari pengendara yang menarik handle kopling. maka penyetelan kabel kopling harus berbanding sama antara gerakan tangan dengan porsi tuas kopling pada mesin. jika masih ada hentakan ketika memasukkan gigi tranmisi, ini pertanda bahwa mesin masih memikul beban kendaraan. kabel kopling harus dikencangkan sedikit sampai tidak ada hentakan sehingga bisa dipastikan kopling tidak terbebani.
  • Karet tromol yang aus. Didalam tabung rem belakang terdapat komponen karet tromol yang berfungsi untuk peredam hentakan motor saat pertama melaju, jika komponen tersebut aus, hentakan mesin akan akan terasa di body sepeda
  • kekencangan rantai. rantai yang kendor akan mempengaruhi terhadap hentakan motor, cek kekencangannya, sesuaikan kondisi yang optimal.
  • Stationer mesin yang terlalu tinggi. pengaturan ini juga akan berpengaruh pada hentakan mesin ketika memasukkan gigi tranmisi. hal ini disebabkan terlalu besarnya tenaga stationer yang diterima kopling saat dilepaskan dan menerima beban kendaraan. kelangsaman ini dapat diatur melalui penyetelan skrup yang ada dikarburator, untuk lebih lanjutnya silakan pelajari disini
  • Setting kopling tidak optimal. cek setelan kopling dan juga keausannya, ganti bila perlu. solusi terakhir jika saran diatas sudah dicoba dan ternyata tetap ada hentakan.

Demikianlah informasi mengenai Tips dan Cara Mengurangi Hentakan Mesin Pada Sepeda Motor yang dapat MotorAlap sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadi sumber inspiras bagi kamu, selamat mencoba!
 
© Copyright 2016 - 2017 Inspirasi Dunia Otomotif | Powered by Blogger.com.