Tips dan Cara Merawat Aliran Bensin sepeda motor Yang Benar

Tips dan Cara Merawat Aliran Bensin sepeda motor Yang Benar ---Sepeda motor yang sering mogok tentu saja merupakan masalah yang semua orang tidak ingin mengalaminya. Mogoknya sepeda motor bisa disebabkan oleh berbagai macam persoalan namun rata-rata penyebabnya tersebut adalah kurangya perawatan yang dilakukan.
Tips dan Cara Merawat Aliran Bensin sepeda motor Yang Benar
Bagi kamu yang tidak ingin mengalami kemacetan saat berkendara, kali ini MotorAlap akan mencoba berbagi informasi yang wajib untuk kamu simak mengenai Tips dan Cara Merawat Aliran Bensin sepeda motor Yang Benar, berikut informasi lengkapnya untuk kamu.

Pengecekan aliran bensin berguna untuk membuat kondisi optimal, perawatan yang dilakukan bertujuan untuk menghindari kerusakan terhadap komponen bahan bakar ketika berkendara. Pengecekan meliputi tangki bensin dan alirannya. Tangki bensin rawan terkena karat oleh air hujan yang masuk dan mengendap dalam cekungan tangki. Jadi perawatan berkala minimal setiap tahunnya atau setiap musin hujan berakhir.
Slang bensin berfungsi mengalirkan bensin ke karburator injeksi, slang bensin yang sudah lama akan lapuk dan mengalami kebocoran.

Meskipun dalam jangka waktu lama, pengecekan harus dilakukan secara berkala. Slang bensin yang bocor dapat menyebabkan kebakaran jika menetes ke mesin panas atau saat kondisi jalan. Dalam perkembangannya ada beberapa tipe aliran slang bensin ke karburator. Aliran bensin dengan tenaga vacuum dan aliran bensin biasa. Sistem aliran bensin dengan tenaga vacuum yaitu melalui penghampaan oleh mesin untuk mengalirkan bensin ke karburator.

Katup vacuum akan terbuka ketika mesin dalam keadaan hidup sehingga mempunyai kelebihan terhindar dari kebanjiran bensin di karburator. Sistem aliran bensin biasa hanya mengandalkan gravitasi untuk mengalirkan bensin. Dari tangki bensin slang akan menuju karborator sehingga meskipun mesin mati, bensin masih mengalir dalam karburator, sehingga karburator dilengkapi dengan kran penutup. system ini sangat simple perawatanya. Untuk lebih jelasnya lihat skema dasar aliran slang bensin.

Mengenai bagian apa saja yang perlu untuk kamu periksa, berikut tips lengkapnya :
  1. Lepaskan slang bensin dari tangki dan karburator jangan lupa untuk mengkosongkan bensin terlebih dahulu
  2. Lepaskan slang pernapasan bensin
  3. Cek permukaan slang bensin, tarik sedikit apakah ada kerusakan dinding slang bensin tersebut terutama pada lekukan dan ujung slang, ganti bila perlu.
  4. Lepaskan tangki bensin, cuci dengan bensin sampai endapan kotorandalam tangki bersih.
  5. Cek kondisi tangki, lihat sisi lekukan, mungkin ada karat atau cat yang mengelupas. Bersihkan karat dan cat kembali bila perlu untuk mencegah kebocoran.
  6. Cek tutup tangki bensin, periksa seal karatnya. Bila sudah aus ganti dengan yang baru, hal ini dapat memicu masuknya air ke tangki ketika hujan maupun saat anda mencuci.
  7. Untuk sepeda motor dengan tangki luar (GL MAX, MEGA PRO, VIXION, BISON Dll)
  8. perhatikan tangki sisi cadangan bensin, tempat ini mudah terserang karat oleh air yang tidak bisa keluar. Untuk mencegah itu anda bisa memodifikasi ke bengkel patri tangki dengan memberi kran untuk buangan air.
  9. Cek komponen indicator bensin untuk memastikan level bensin sesuai dengan petunjukk di speedo meter.

Dari tipe diatas anda akan terbebas dari ancaman bensin bocor. Carilah spare part yang berkualitas baik untuk memaksimalkan keawetanya.

Demikianlah informasi mengenai Tips dan Cara Merawat Aliran Bensin sepeda motor Yang Benar yang dapat MotorAlap sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadi sumber inspirasi bagi kamu, selamat mencoba!
 
© Copyright 2016 - 2017 Inspirasi Dunia Otomotif | Powered by Blogger.com.