Tips dan Cara Mudah Buka Bak Kopling Sepeda Motor

Tips dan Cara Mudah Buka Bak Kopling Sepeda Motor ---Jika ingin mendapatkan peforma yang terbaik dari sepeda motor kesayangan kamu, perawatan yang rutin memang wajib untuk dilakukan termasuk pada bagian kopling sepeda motor terasebut.
Tips dan Cara Mudah Buka Bak Kopling Sepeda Motor
Namun untuk melakukan perawatan pada kopling, tentu saja kamu harus membuka bak koplingnya terlebih dahulu. Dalam kesempatan kali ini MotorAlap akan mencoba berbagi tips untuk membantu kamu dalam menangani masalah tersebut yaitu Tips dan Cara Mudah Buka Bak Kopling Sepeda Motor, berikut informasi lengkapnya untuk kamu.

Bagi yang awam, buka bak mesin sebelah kanan (bak kopling) katanya ribet betul. Setelah semua baut dan peranti pendukungnya terlepas, konon paking kertas sambungan blok mesti dicungkil obeng atau kape. Setelah itu juga mesti dipukul pakai martil khusus, biar gampang terbuka.

Namun, cara tersebut bukan satu-satunya yang bisa dilakukan. Ada trik cepat buka bak mesin tanpa dicungkil atau dipukul. Yaitu, dengan menarik handel kopling atau menekan tuas persneling pakai kaki kiri. Sehingga, bak mesin yang tidak terikat baut lagi akan mudah terdorong keluar.

Hal itu karena tuas pengungkit di bak mesin yang mestinya mendorong kampas kopling, justru menekan bak mesin. Kebetulan, bak kopling juga sebagai dudukan atau tumpuan as persneling waktu difungsikan. Karena tidak dibaut, bak kopling jadi mudah lepas.

Cuma, trik ini enggak bisa diterapkan ke semua jenis motor. Yaitu enggak bisa dipakai di sistem kopling inner push, macam Yamaha Vega. Tapi, kopling sistem outer push seperti Honda Supra, Suzuki Smash, Kawasaki Kaze atau sistem kopling outer pull di Honda Tiger, Suzuki Satria F-150 bisa.

Sebenarnya dipukul pakai palu plastic atau karet masih dibenarkan. Tapi, harus pakai teknik yang benar. Yaitu, dengan cara silang atas-bawah atau kanan-kiri.

Demikianlah informasi mengenai Tips dan Cara Mudah Buka Bak Kopling Sepeda Motor yang dapat MotorAlap sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadi sumber inspirasi bagi kamu, selamat mencoba!
 
© Copyright 2016 - 2017 Inspirasi Dunia Otomotif | Powered by Blogger.com.