Beberapa Komponen Pada Motor Yang Wajib Diperhatikan Saat Musim Hujan

Beberapa Komponen Pada Motor Yang Wajib Diperhatikan Saat Musim Hujan ---Musim hujan sering kali datang tanpa diduga-duga, oleh karena itu bagi kamu yang setiap harinya melakukan kegiatan dengan menggunakan sepeda motor, ada baiknya kamu selalu menjaga kondisi kendaraan kamu agar selalu dalam kondisi yang baik demi kenyamanan dan keamanan kamu saat berkendara.
Beberapa Komponen Pada Motor Yang Wajib Diperhatikan Saat Musim HujanDalam kesempatan kali ini MotorAlap akan mencoba berbagi informasi untuk kamu mengenai beberapa komponen yang perlu diperhatikan ketika musim hujan agar performa motor kamu tidak terganggu, berikut informasi lengkapnya.

1. Kampas rem. Jika masih model tromol, trus kondisi kampas sudah tipis. Ketika kemasukan air, rumah teromol (bagian dalam) dari besi bertemu dengan lempengan kampas yang sudah habis. Ciri-cirinya, jika direm berdecit, atau jika kena air kendaraan akan nyelonong.

2. Kabel gas. Terdapat penghubung antara tuas (handle) dengan kabel yang biasanya ditutup oleh karet khusus (booth). Pastikan karetnya bagus dan belum getas. Karena jika karet ini sudah tidak berfungsi dengan baik, air akan dengan mudah memasuki kabel gas. Efeknya, tuas akan seret karena karat di kabel gas. Kemungkinan lain adalah masuknya air ke karburator melalui kabel gas.

3. Cop busi. Banyak kasus, cop busi sudah pecah dan getas mengakibatkan listrik ”nge-ground” karena kena air. Komponen ini tercatat paling banyak membuat pengendara harus berhenti di pinggir karena sepeda motornya mati kebanjiran. Triknya, bagian keramik busi atau pinggiran cop busi disemprot WD-40, atau diolesi griss yang mampu menahan panas. Banyak yang menutupnya dengan solasi, tapi sebenarnya tidak disarankan. Bila perlu ganti saja cop busi yang sudah usang.

4. Saringan udara. Sama sekali tidak pernah disarankan mencopot saringan udara. Karena selain membuat karburator cepat kotor karena endapan debu, air juga bisa masuk ke ruang bakar dan menyebabkan mesin mati.

Demikianlah informasi mengenai Beberapa Komponen Pada Motor Yang Wajib Diperhatikan Saat Musim Hujan yang dapat MotorAlap sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadi sumber inspirasi bagi kamu.
 
© Copyright 2016 - 2017 Inspirasi Dunia Otomotif | Powered by Blogger.com.