Penyebab dan Cara Mengatasi Honda Vario Mati Mendadak

Penyebab dan Cara Mengatasi Honda Vario Mati Mendadak ---Bagi kamu pengguna Honda Vario, mungkin pernah mengalami masalah yang sangat membuat kamu kesal yaitu mesin mati secara mendadak.
Penyebab dan Cara Mengatasi Honda Vario Mati MendadakMungkin kamu juga belum terlalu memahami apa sebenarnya yang menyebabkan Honda Vario tersebut sering mati mendadak. Oleh karena itu dalam kesempatan kali ini MotorAlap akan mencoba berbagi informasi untuk kamu pengguna Honda Vario mengenai Penyebab dan Cara Mengatasi Honda Vario Mati Mendadak, berikut informasi lengkapnya.

Mati mendadak pada Vario karena kehilangan kompresi. Ada dua penyebab. Yang pertama karena kesalahan saat melakukan penyetelan jarak kerenggangan klep. Kompresi pada Honda Vario tergolong tinggi, mencapai 10,7:1. Kompresi tinggi menghasilkan suhu tinggi di ruang bakar. Kalau terlalu tinggi, klep dan pelatuk (rocker arm) akan memuai.

Saat memuai, pelatuk akan terus mendorong klep sehingga kompresi bocor. Makanya ketika di selah akan terasa ngelos. Ini karena tidak ada kompresi. Saat mesin dingin, jarak kerenggangan klep akan kembali normal dan bisa dihidupkan lagi.

Tak heran bila sebenarnya Honda menyarankan kerenggangan klep yang cukup renggang untuk Vario. Dipatok 0,16 mm untuk klep masuk dan 0,25 mm untuk klep buang. Bandingkan dengan Honda BeAT yang kompresinya lebih rendah, hanya 9,2:1. Kerenggangan klepnya bisa lebih rapat, hingga 0,14 mm untuk klep masuk dan buang.

Agar presisi, melakukan setel klep harus menggunakan alat ukur bernama filler (gb.2). Lempengan plat tipis ini menjadi patokan kerenggangan antara klep dan pelatuk klep.

Lalu, penyebab kedua adalah akibat tumpukan karbon di ruang bakar. Karbon (kerak diruang bakar) sering mengganjal klep sehingga klep terus terbuka dan kehilangan kompresi. Begitu distarter lagi, karbonnya rontok dan bisa hidup kembali. Kalau yang ini harus dibersihkan secara berkala.

Biasanya di bengkel umum atau jaringan bengkel resmi Honda menawarkan service besar yang salah satu itemnya adalah melakukan pembersihan di ruang bakar. Artinya, asal perawatannya benar, enggak akan mati mendadak.

Demikianlah informasi mengenai Penyebab dan Cara Mengatasi Honda Vario Mati Mendadak yang dapat MotorAlap sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadi sumber inspirasi bagi kamu.
 
© Copyright 2016 - 2017 Inspirasi Dunia Otomotif | Powered by Blogger.com.