Penyebab dan Cara Mudah Perbaiki Knalpot Bocor

Penyebab dan Cara Mudah Perbaiki Knalpot Bocor ---Berkurangya tenaga sepeda motor yang kamu miliki atau berubahnya suara pada mesin bisa saja disebabkan karena adanya bocor pada bagian knalpotnya.
Penyebab dan Cara Mudah Perbaiki Knalpot Bocor
Berbagai penyebab kebocoran bisa saja terjadi pada sepeda motor kamu, dan dalam kesempatan kali ini MotorAlap akan mencoba berbagi informasi mengenai beberapa penyebab kebocoran pada knalpot serta cara untuk mengatasi kebocoran tersebut, berikut informasi lengkapnya.

Ada beberapa faktor yang menjadi pemicu knalpot bocor, di antaranya :

a. Air kotor
Pada prinsipnya kebocoran terjadi karena bagian knalpot itu berkarat. Proses terjadinya karat bisa dikarenakan oleh kotoran yang bercampur dalam air kubangan dan mengenai bagian knalpot saat mobil melibas kubangan tersebut.

Beberapa bakteri yang ada di kotoran tersebut menyebabkan proses korosi di knalpot dengan memanfaatkan proses kimiawi kotoran yang menempel.

b. Kondensasi
Perbedaan temparatur antara bagian dalam dan luar knalpot juga dinilai turut memcu proses karat di bagian peranti tersebut. Terlebih bila motor kerap melintas di wilayah yang memiliki kandungan garam cukup tinggi, seperti di daerah yang dekat dengan pantai.

c. Air mengendap di bagian dalam pipa
Kondisi tersebut bisa terjadi karena pemilik motor kerap melakukan idling (stationer) atau berkendara dalam kecepatan rendah. Bila perilaku itu sering dilakukan dan dalam waktu yang lama, maka endapan air di knalpot akan sering terjadi.

Coba perhatikan, saat melakukan pemanasan mesin mobil di pagi hari. Pasti dari pipa knalpot akan keluar air, nah keberadaan air yang tidak dibuang akan memicu karat yang menyebabkan bocor.

Cara untuk mengetahui apakah knalpot bocor cukup mudah. Aktifkan mesin dan kemudian biarkan selama tiga menit, setelah itu dengarakan apakah suara mesin lebih keras dari biasanya? Bila ya, maka ada kemungkinan bagian dari knalpot bocor.

Cara lainnya, langsung melihat ke bagian knalpot. Bila ada asap yang keluar dari bagian lain selain dari lubang pipa berarti ada kebocoran.

Untuk mencegah terjadinya kebocoran knalpot selain jangan sering melakukan idling (stasioner) mesin, para pemilik mobil juga sangat disarankan untuk menjaga kebersihan bagian kolong mobil. Mencuci mobil setiap selesai digunakan adalah cara yang paling baik.

Adapun untuk menagatasi atau perbaikan knalpot yang bocor adalah dengan mengelas bagian yang bocor. Namun itu dengan catatan, kebocoran masih kecil atau belum parah. Sebaliknya bila telah parah, sebaiknya diganti.

Demikianlah informasi mengenai Penyebab dan Cara Mudah Perbaiki Knalpot Bocor yang dapat MotorAlap sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadi sumber inspirasi bagi kamu.
 
© Copyright 2016 - 2017 Inspirasi Dunia Otomotif | Powered by Blogger.com.