Tips dan Cara Agar Lentikan Api Maksimal Pada Busi

Tips dan Cara Agar Lentikan Api Maksimal Pada Busi ---Berbagai jenis dan tipe busi banyak tersedia di pasaran, dan tentu saja jenis busi yang kita pilih adalah jenis busi yang mempunyai lentikan api yang maksimal agar performa sepeda motor kesayangan kita dapat selalu stabil.
Tips dan Cara Agar Lentikan Api Maksimal Pada Busi
Namun tahukah kamu bahwa ada beberapa pendapat yang sangat salah mengenai sifat busi salah satunya yaitu dengan menutak-atik gap busi dengan tujuan memaksimalkan fungsi busi tersebut, dan sebaiknya hal semacam itu sebaiknya kamu hindari.

Dalam kesempatan kali ini MotorAlap akan mencoba berbagi informasi untuk kamu mengenai cara yang tepat untuk memaksimalkan lentikan api pada busi, berikut informasi lengkapnya.

Haram merapatkan atau meranggangkan jarak antara pusat elektroda dengan massa busi! Sebab, gap menentukan besaran letikan api. Gap sesuai aturan memberikan lentikan api yang maksimal.

Gap membuat listrik di ujung elektroda meletikkan api ke titik massa busi. Jika dirapatkan berefek negatif. Kalau direnggangkan dari ketentuan batas pun tak bagus. Karena gap disesuaikan karakter mesin. Letikan api busi maksimal jika gap elektroda dan massa pas. Jika elektroda menumpul, loncatan apinya tak muncul. Tapi, busi iridium, jaraknya lebih rapat. Sebab elektroda iridium tak butuh voltase tinggi untuk lontarkan api.

Perubahan gap busi kerap terjadi saat bersihkan elektroda. Bisa karena tergerus, atau karena tertekan. Jika merenggang, usaha listrik di ujung elektroda mencapai massa pun membesar. Alhasil, lontaran api mengecil. Terlalu jauh, elektroda tak mampu letikan api ke massa busi. Usaha terlalu berat bikin part lain, semisalnya, koil melemah.

Kerapatan, lentikan api terlalu cepat terjadi. Letikannya kecil, atau tak sempat meletikkan api. Jadi, mesin sulit hidup. Toh diakui, busi yang lemah bisa ‘dikuatkan' dengan merapatkan gap. Jadi, tegangan listrik yang lemah dari elektroda bisa melontarkan api ke massa. Tapi, hasilnya tetap tidak maksimal.

So, ada 2 ciri gap busi tak pas. Kerapatan, sulit gapai rpm tinggi. Power putaran menengah ke atas lemah. Jika terlalu renggang, mbrebet di rpm tinggi, bahkan ‘nembak'.

Demikianlah informasi mengenai Tips dan Cara Agar Lentikan Api Maksimal Pada Busi yang dapat MotorAlap sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadi sumber inspirasi bagi kamu.
 
© Copyright 2016 - 2017 Inspirasi Dunia Otomotif | Powered by Blogger.com.