Tips dan Cara Atur Langsam Putaran Mesin Motor Yang Baik

Tips dan Cara Atur Langsam Putaran Mesin Motor Yang Baik ---Jika ditanya mengenai masalah pengaturan langsam mesin sepeda motor yang baik tentu saja kita akan mendapatkan bermacam-macam pendapat.
Tips dan Cara Atur Langsam Putaran Mesin Motor Yang BaikDan buat kamu yang belum terlalu paham mengenai pengaturan langsam putaran mesin yang baik kali ini MotorAlap akan mencoba berbagi informasinya untuk kamu yaitu Tips dan Cara Atur Langsam Putaran Mesin Motor Yang Baik.

Sebagian dari kita sering merasa lebih nyaman ketika mesin langsam putaran mesin dibuat sangat rendah. Alasannya sih, katanya biar mesin terdengar halus, ada lagi yang bilang biar enggak boros BBM. Tapi, perlakuan ini justru salah.

Oli mesin bisa tidak melumasi semua komponen, khususnya yang posisinya cukup jauh dari pompa oli. Misalnya di kepala silinder, karena pompa oli bekerja berdasarkan putaran mesin. Ketika putaran mesin kekecilan, maka tekanan oli juga akan berkurang.

Saat mesin melaju dengan kecepatan tinggi pasti tidak ada masalah karena tekanan oli juga akan tinggi. Tapi ketika motor berhenti atau saat terjebak macet, gesekan di kepala silinder dan komponen lainnya bisa tidak terlumasi.

Sebagai contoh, pada TVS Neo untuk mendapatkan pelumasan yang sempurna dibutuhkan tekanan oli 4,8 liter/menit. Untuk mencapai tekanan tersebut dibutuhkan minimal langsam 1.450 rpm. Jadi sebaiknya gunakan setelan langsam sesuai anjuran pabrikan. Atau jangan setel langsam terlalu kecil.

Demikianlah informasi mengenai Tips dan Cara Atur Langsam Putaran Mesin Motor Yang Baik yang dapat MotorAlap sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadi sumber inspirasi bagi kamu.
 
© Copyright 2016 - 2017 Inspirasi Dunia Otomotif | Powered by Blogger.com.