Tips dan Cara Memanaskan Mesin Motor Dengan Benar

Tips dan Cara Memanaskan Mesin Motor Dengan Benar ---Sebelum digunakan atau dikendarai, mesin sepeda motor memang wajib untuk dipanaskan terlebih dahulu. Mungkin teman-teman ada yang belum terlalu paham alasan kenapa mesin sepeda motor harus dipanaskan terlebih dahulu sebelum digunakan?
Tips dan Cara Memanaskan Mesin Motor Dengan Benar
Oleh karena itu dalam kesempatan kali ini MotorAlap akan mencoba berbagi informasi yang wajib untuk kamu simak mngenai alasan mesin motor harus dipanskan dan Cara Memanaskan Mesin Motor Dengan Benar, berikut informasi lengkapnya untuk kamu.

Seperti badan manusia, motor juga butuh pemanasan. Ada tahap saatnya badan orang butuh warm up. Tanpa pemanasan pastinya otot-otot dan jantung akan mengalami shock alias kejutan. Terutama setelah bangun tidur, organ tubuh yang mendadak dipaksa langsung bergerak cepat atau angkat berat bisa bermasalah ke depannya. Minimal bisa terjadi kejang otot.

Karena itulah, badan manusia kudu pemanasan setelah tubuh diistirahatkan beberapa jam. Contoh badan manusia akan mulai tune in bekerja saat pukul 09:00 WIB. Sebelumnya pasti ada tahap pemanasan dulu, seperti ngopi atau baca koran. Begitu juga motor. Memanaskan motor supaya temperatur mesin naik ke suhu ideal. Suhu mesin ideal harus mencapai 80 derajat celcius. Untuk mencapai suhu minimal mesin wajib dinyalakan dengan waktu tertentu.

Saat pagi hari, atau motor sudah didiamkan beberapa jam kondisinya campuran udara akan lebih tinggi. Biar campuran udara dan bensinnya homogen, butuh dipanaskan. Memanaskan mesin untuk motor harian motor standar rata-rata 2 menit-3 menit. Enggak usah digas-gas karena kalau keseringan digas-gas, komponen cepat aus.

Bukan cuma di motor harian, motor balapun harus dilakukan pemanasan. Motor yang panas idealnya tercapai, saat start terasa waktu gas dibuka spontan. Kalau belum mencapai suhu mesin minimal 70 derajat celcius, motor enggak bakalan bisa start cepat.

Tentunya kalau di tunggangan road race, apalagi tim-tim pabrikan, akan bisa dibaca bagaimana kondisi temperatur mesin. Ini bisa dibaca dari data logger yang akan menginfokan suhu mesin saat dihidupkan. Tapi, bagaimana dengan tunggangan drag alias kuda besi karapan 201 meter? Enggak semua motor balapan lurus punya data logger. Malah, mayoritas tunggangan drag enggak pakai komponen pencatat data mesin.

Apalagi, di balapan lurus alias drag bike, start jadi penentu catatan waktu maksimal. Sedikit aja ada kesalahan ataupun suhu mesin belum mencapai titik minimal, start akan bermasalah. Kalau sudah begitu, mana bisa start diulang kecuali ada faktor kesalahan pencatat waktu.

Berbeda dari road race yang ketinggalan saat start, bisa dikejar di lap-lap selanjutnya. Tinggal dipegang aja kepala silindernya. Kalau sudah panas, baru deh bisa dipakai.

Demikianlah inforasi mengenai Tips dan Cara Memanaskan Mesin Motor Dengan Benar yang dapat MotorAlap sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadi sumber inspirasi agi kamu.
 
© Copyright 2016 - 2017 Inspirasi Dunia Otomotif | Powered by Blogger.com.