Tips dan Cara Merawat Skutik Sesuai Aturan

Tips dan Cara Merawat Skutik Sesuai Aturan ---Motor Scoter Matic atau yang sering disebut scutic merupakan sepeda motor yang didesain khusus untuk para pengguna motor yang suka dengan hal-hal yang simpel.
Tips dan Cara Merawat Skutik Sesuai Aturan
Namun meskipun didesain agar bisa digunakan sesimpel mungkin, skutik juga membutuhkan perawatan khusus agar bisa awet dan tahan lama. Dalam kesempatan kali ini MotorAlap akan mencoba berbagi informasi untuk kamu mengenai cara perawatan skutik sesuai aturan, berikut informasi lengkapnya untuk kamu.

Mesin skuter matik sama dengan mesin sepeda motor pada umumnya. Yang membedakannya adalah teknologi dan cara kerja transmisinya, skutik mengaplikasi transmisi otomatis (CVT).

Meski mengaplikasi teknologi transmisi otomatis, skutik pun butuh perawatan khusus dan sesuai aturan, di antaranya dengan cara sebagai berikut:

1. Sebelum motor dijalankan, panaskan mesin terlebih dahulu dengan menggunakan choke. Tapi beberapa skuter matic saat ini sudah menggunakan choke otomatis. Biarkan mesin hidup maksimal 5 menit agar sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak.

Tapi bagi skuter matic yang masih menggunakan choke manual bisa tarik tuasnya secara penuh. Dan biarkan mesin hidup selama sekitar 30 detik kemudian mulai turunkan perlahan dan bertahap tuas choke.

Namun jika mesin mudah dihidupkan tanpa bantuan choke akan lebih baik. Jadi Anda hanya perlu membiarkan mesin hidup sekitar minimal 3 menit dan maksimal 5 menit.

2. Cek kondisi busi dan aki secara teratur. Peran busi dan aki sangatlah penting, karena motor matik merupakan motor full DC.

3. Kondisi V-Belt dan roller juga harus selalu dicek. V-Belt yang letaknya di samping roda, sebaiknya rutin diservice tiap 10.000 km dan diganti tiap 25.000 km.

4. Bersihkan ruang transmisi secara berkala tiap 4000 km, karena komponen CVT yang terdapat pada ruang transmisi sangat rentan debu dan kotoran lainnya.

5. Lakukan penggantian gear oil setiap 5000 km atau sesuai dengan petunjuk penggunaan kendaraan. Gunakan pelumas atau oli transmisi khusus matik.

6. Fungsi oli sebagai pelumas komponen-komponen mesin juga harus diperhatikan. Ganti oli secara berkala tiap 1.000 km, dengan menggunakan oli khusus motor matik, bukan sembarang oli.

Pelumas khusus matik mampu mengakomodir dan bekerja secara maksimal ke seluruh permukaan komponen yang ada di dalam mesin skutik. Serta mampu mengurangi gesekan dan oksidasi yang terjadi dalam mesin.

Demikianlah informasi mengenai Tips dan Cara Merawat Skutik Sesuai Aturan yang dapat MotorAlap sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadi sumber inspirasi bagi kamu.
 
© Copyright 2016 - 2017 Inspirasi Dunia Otomotif | Powered by Blogger.com.