Tips dan Cara Meringankan Putaran Mesin Dengan Melubangi Piston

Tips dan Cara Meringankan Putaran Mesin Dengan Melubangi Piston ---Putaran mesin yang lebih ringan tentu saja dapat membuat mesin menjadi lebih bertenaga. Bagi kamu yang ingin mencoba membuat motor kesayangan menjadi lebih bertenaga, MotorAlap punya solusinya yaitu dengan cara melubangi piston.
Tips dan Cara Meringankan Putaran Mesin Dengan Melubangi Piston
Dalam kesempatan kali ini MotorAlap akan berbagi tips untuk kamu yang ingin melubangi piston, berikut informasi lengkapnya untuk kamu.

Kalau untuk balap, piston dilubangi selain untuk pelumasan juga untuk memperingan putaran mesin. Agar rpm mesin lebih mudah naiknnya. Berlaku untuk mesin 2-tak ataupun 4-tak.

Di piston 4-tak standar, lubang-lubang kecil terdapat di got atau alur ring oli. Pelumas yang disapu bersih oleh ring akan digiring menuju lubang. Jadinya oli yang masuk melalui lubang seher akan kembali menuju ruang karter. Membuat oli tidak tertahan di alur ring ketiga.

Nah, kalau di motor balap, lubang pelumas bisa dibikin lubang tambahan. Biasanya di badan seher. Bukan saja pelumas yang akan masuk melalui lubang ini, tapi di motor balap sekaligus untuk mengurangi gesekan. Jadinya putaran mesin lebih ringan.

Menurut Bang Jay, di motor balap lebih ektrem lagi. Seher tidak hanya dilubangi, tapi dipapas abis. Yang kena papas bagian pantat seher. Meniru piston racing yang ukurannya lebih pendek. Fungsinya ganda, selain jadi ringan tapi gesekan dengan silinder jadi kecil.

Namun aksi papas pantat seher kebanyakan dipakai di motor balap liar. Karena kalau dipakai di motor harian berisiko. Dipapas akan menimbulkan suara kasar. Selain itu juga tidak tahan lama.

Demikianlah informasi mengenai Tips dan Cara Meringankan Putaran Mesin Dengan Melubangi Piston yang dapat MotorAlap sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadi sumber inspirasi bagi kamu.
 
© Copyright 2016 - 2017 Inspirasi Dunia Otomotif | Powered by Blogger.com.