Tips dan Cara Pasang Bohlam Agar Lebih Terang

Tips dan Cara Pasang Bohlam Agar Lebih Terang ---Memiliki bohlam dengan nyala yang terang memang sangatlah penting terutama bagi kamu yang sering berkendara saat malam hari.
Tips dan Cara Pasang Bohlam Agar Lebih Terang
Namun tahukah kamu ternyata terang atau tidaknya bohlam sepeda motor yang kamu miliki juga bisa ditentukan oleh teknik atur dan pasangnya yang baik atau tidak. Dalam kesempatan kali ini MotorAlap akan mencoba berbagi tips mengenai cara pasang bohlam yang baik dan benar agar bisa menyala lebih terang.

Belakangan, banyak dikenal bohlam lampu Halogen atau Xenon. Pada dasarnya, bohlam lampu ini memiliki sistem kerja mirip lampu pijar biasa. Hanya saja, jenis lampu ini diisi campuran gas tertentu sehingga membuatnya bersinar lebih terang.

Mengaplikasi bohlam semacam ini butuh pengetahuan dasar agar diperoleh hasil sesuai yang diinginkan. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah:

1. Jenis kabel dan besar arus
Biasanya kabel asli dari pabrikan berpenampang kecil dan hanya mampu menghantarkan arus sesuai besar daya bohlam yang diizinkan. Besar bohlam yang diperbolehkan tertera pada socket atau dapat dilihat di buku manual perawatan.

Kalau besar daya bohlam melebihi kapasitas yang diperbolehkan, maka diameter kabel harus lebih besar lagi. Dengan kabel jenis ini, nyala lampu akan lebih maksimal. Bila dipaksa dengan kabel standarnya, isolasi kabel dapat meleleh karena dipaksa memenuhi kebutuhan daya yang lebih besar.

2. Perhatikan daya dan tegangan bohlam
Besar tegangan listrik bohlam harus sesuai pasokan tegangan listrik motor. Bila listrik motor 12 volt, maka bohlam harus 12 volt juga. Bila memakai 6 volt, dijamin langsung putus. Perhatikan pulan daya bohlam. Biasanya berkekuatan 32 watt. Bila ingin mengganti dengan jenis Halogen dan Xenon, usahakan dayanya jangan terlalu jauh dari 32 watt karena bisa menyebabkan accu tekor.

3. Karakteristik batok lampu
Sebaiknya tidak mengaplikasi bohlam Halogen dan Xenon di batok standar bawaan pabrikan. Jika dilanggar, bisa merusak reflektor dalam dan kaca reflektor lampu. Apalagi bila kaca reflektor terbuat dari bahan mika bening, umurnya tak akan panjang dan cepat buram seperti terbakar. Begitu juga untuk kaca reflektor dari bahan kaca. Lama kelamaan akan berubah kuning.

4. Pasang relay dan ambil shortcut dari accu
Jika syarat di atas dipenuhi, jangan lupa memasang dua relay untuk melipatgandakan arus datang. Satu relay untuk lampu dekat, sedangkan satunya lagi untuk lampu jauh. Hal ini untuk menjamin kestabilan sorot lampu motor dan lebih terang, karena salah satu kaki socket relay mengambil langsung dari accu.

Demikianlah informasi mengenai Tips dan Cara Pasang Bohlam Agar Lebih Terang Dengan Baik yang dapat MotorAlap sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadi sumber inspirasi bagi kamu.
 
© Copyright 2016 - 2017 Inspirasi Dunia Otomotif | Powered by Blogger.com.