Tips dan Cara Pasang USB Charger di Sepeda Motor

Tips dan Cara Pasang USB Charger di Sepeda Motor ---Bagi kamu yang sering berpergian jarak jauh menggunaan sepeda motor mungkin pernah mengalami masalah charging pada gadget yang kamu bawa, meskipun saat ini sudah banyak yang mengguakan batuan power bank tetapi tetap saja hal itu dianggap kurang karena rata-rata gadget yang dibawa lebih dari satu.
Tips dan Cara Pasang USB Charger di Sepeda Motor
Namun kamu tidak perlu khawatir karena dalam kesempatan kali ini MotorAlap akan mencoba berbagi informasi untuk kamu mengenai solusi dalam mengatasi masalah tersebut yaitu Tips dan Cara Pasang USB Charger di Sepeda Motor, berikut informasi lengkapnya.

Kelengkapan yang diperlukan hanyalah sebuah USB port, saklar on/off kecil, kabel-kabel, sekering, dan socket kecil. Posisi bisa di mana saja. Banyak yang minta dipasang di dekat kunci kontak. Tapi kalau ingin tersembunyi, pasang di dalam boks.

Biayanya cukup murah, Rp 150 ribu ditunggu langsung jadi, atau beli bahannya saja Rp 100 ribu dan pasang sendiri buat yang tangannya gatal ”ngoprek” sepeda motor. Begini langkah-langkah pemasangannya:
  1. Lubangi tempat yang akan dibuat rumahan USB. Sebelum melubangi, cek dulu, apakah di belakangnya ada posisi lowong supaya tidak mentok di belakang.
  2. Pisahkan kabel. Kabel (-) langsung disambung ke (-) aki. Kabel (+) disambungkan ke saklar, melalui sekering 10 ampere. Sebetulnya sekering 1 ampere sudah cukup, karena cuma terpakai 0,4 ampere. Tapi mencari sekering 1 ampere susah.
  3. Setelah terpasang, rumahan USB diberi sealant (perekat) untuk mencegahnya kemasukan air. Lubangi posisi bawahnya, sebagai antisipasi jika kemasukan air. Tapi menurut Pak Wiet, air menyelinap pun tak akan berpengaruh atau konslet karena letak komponen ada di bagian atas.
  4. Saklar harus dipasang, untuk mengatur aliran listrik ke USB charger. Aliran listrik dari aki pasti naik turun, apalagi dalam kondisi jalan. Jangan khawatir, karena rumahan USB otomatis membuat tegangan menjadi flat, keluar 5,1 volt. Kalau sudah dipasang kan enak, ditinggal nonton charge aja di sepeda motor. Atau pas lagi jalan ke kantor, iPadnya di-charge juga oke kan.
Demikianlah informasi mengenai Tips dan Cara Pasang USB Charger di Sepeda Motor yang dapat MotorAlap sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadi sumber inspirasi bagi kamu.
 
© Copyright 2016 - 2017 Inspirasi Dunia Otomotif | Powered by Blogger.com.