Tips dan Cara Pilih Aki Motor Yang Tepat

Tips dan Cara Pilih Aki Motor Yang Tepat ---Aki merupakan komponen yang sangat penting dalam sistem kelistrikan kendaraan, oleh karena itu kondisi aki yang sehat adalah hal yang wajib agar kamu bisa berkendara dengan aman dan nyaman.
Tips dan Cara Pilih Aki Motor Yang Tepat
Bagi kamu yang ingin mengganti aki kendaraan yang sudah rusak dengan aki yang baru, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, karena tidak semua aki bisa cocok dengan semua jenis kendaraan. Dalam kesempatan kali ini MotorAlap akan mencoba berbagi informasi untuk kamu mengenai Tips dan Cara Pilih Aki Motor Yang Tepat, berikut informasi lengkapnya.

Agar Anda tak salah pilih dalam menentukan aki yang harus Anda beli, maka beberapa tips berikut bisa membantu Anda dalam menentukan aki yang harus dibeli:
  1. Pastikan tipe dan jenis aki sesuai untuk kendaraan Anda.
  2. Perhatikan kode tanggal produksi aki. Sebaiknya umur aki tidak lebih dari 6 bulan sejak dibuat.
  3. Perhatikan ketinggian elektrolit (khususnya aki konvensional/aki basah), yakni harus di antara garis minimal dam maksimal.
  4. Perhatikan ukuran voltage (dengan menggunakan volt meter) sebelum dipasang pada kendaraan Anda, ukuran harus menunjukkan angka 12,6 (minimal) dan 12,8 (maksimal).
  5. Perhatikan angka CCA (Cold Cranking Ampere) dengan menggunakan baterry tester, untuk memastikan adanya tenaga awal aki untuk start (kurang lebih 2 detik). Setelah Anda membeli aki yang baru dan memasangnya pada kendaraan Anda, maka untuk selanjutnya Anda harus melakukan pengecekan sendiri secara rutin selama seminggu sekali, untuk memastikan bahwa air aki Anda tak berkurang.
Demikianlah informasi mengenai Tips dan Cara Pilih Aki Motor Yang Tepat yang dapat MotorAlap sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadi sumber inspirasi bagi kamu.
 
© Copyright 2016 - 2017 Inspirasi Dunia Otomotif | Powered by Blogger.com.