Tips dan Cara Agar Kembang Mur Tidak Dol Dengan Toolkit Berkualitas

Tips dan Cara Agar Kembang Mur Tidak Dol Dengan Toolkit Berkualitas ---Bagi kamu para pecinta otomotif, mengotak-atik kendaraan bermotor tentu saja merupakan hal yang sangat menyenangkan. Bahkan terkadang jika terjadi kerusakan pada kendaraan bermotor tersebut, itu merupakan salah satu tantangan yang wajib untuk diselesaikan.
Tips dan Cara Agar Kembang Mur Tidak Dol Dengan Toolkit BerkualitasTetapi terkadang para pecinta otomotif yang senang mengotak-atik kendaraan bermotornya tidak sadar kalau sebenarnya mereka sering menggunakan berbagai Toolkit atau kunci yang kurang tepat, padahal cara seperti ini sangatlah berpengaruh buruk terhadap kondisi kembang mur pada kendaraan tersebut bahkan bisa saja menyebabkan kembang mur menjadi dol.

Oleh karena itu dalam kesempatan kali ini MotorAlap akan mencoba berbagi informasi tips untuk kamu pecinta otomotif mengenai Tips dan Cara Agar Kembang Mur Tidak Dol Dengan Toolkit Berkualitas, berikut ada beberapa pilihan Toolkit Berkualitas yang bisa menjadi acuan bagi kamu :

1. Kunci Pas Dan Ring
Di pasaran, beberapa merek yang kerap dipakai bengkel bisa jadi pilihan. Ada labelan Tekiro, American Tool (Am Tool), Maxtop, Crossman, dsb. Sebenarnya masih banyak lagi produk branded lain, tapi untuk kebutuhan non-bengkel, merek tadi sudah cukup mumpuni, bahkan bisa dibilang ‘mewah’.

Kelebihannya merek-me­rek itu gak gampang bikin baut dol. Beda dengan barang murah yang bila digunakan pada yang keras, bisa bikin kembang baut jadi dol. Intinya ada pada bagian gap kunci. Bila dimasukkan mur, jarak antara badan kunci yang bersentuhan dengan mur atau baut harus rapat. Kalau longgar, sudut mur atau baut akan termakan badan kunci yang akhir­nya bikin bagian topi slek. Nah, bila ingin membeli kunci berkualitas tanpa tahu mereknya, tak ada salahnya bawa satu baut atau mur untuk mengukurnya. Setelah diukur (dipasin dengan mur), kunci pas atau ring tersebut terlalu oblak dengan mur, sebaiknya jangan dibeli.

Untuk jangka panjang, kunci berkualitas juga gak mudah berkarat. Itu lantaran beberapa kunci dibuat dengan bahan chrome vandilum. Salah satunya bisa dijumpai pada merek Am Tool. Soal ukuran, tergantung kebutuhan. Namun ka­lau hanya untuk kebutuhan hobi, tak perlu sampai selengkap bengkel. Utamanya pilih kunci dengan kombinasi pas dan ring. Sedang untuk ukuran, se­diakan ukuran 8, 10, 12, 14, 17 dan 19. Khusus untuk yang 8, 10, 12 dan 14, sediakan dua buah agar dapat di­gu­nakan secara ‘kontra’ seperti saat mem­buka as roda.

2. Obeng
Tools satu ini punya dua jenis bentuk yang kerap disebut obeng kembang dan obeng min/minus. Keduannya sama-sama penting, walau pada praktiknya, obeng kembang lebih sering digunakan dibanding obeng min. Eits, tapi jangan salah, obeng min juga berguna buat hal-hal lain seperti mencungkil benda-benda yang sulit terjangkau dengan jari. Untuk pilihan merek, di pasaran ada brand Lippro, Stanley, Prohex, Nixon, Cadik sampai Jonnesway.

Untuk jenis obeng, gak ada spe­si­fikasi khusus. Namun yang pasti Hendi mengatakan, sesuaikan ukuran ‘kembang’ dengan baut yang ingin dibuka. Kalau ukuran ‘kembang’ terlalu kecil, bisa bikin baut rusak. Kalau sudah begini, satu-satunya cara membuka baut yakni dengan cara diketrik yang notabennya merusak baut sekaligus memakan waktu. Soal fitur, beberapa merek obeng sudah dilengkapi dengan megnet. Tujuannya agar baut dapat dicantumkan pada obeng sebelum dipasang pada drat yang posisinya sulit terjangkau oleh tangan.

3. Tang
Jenis alat satu ini sangat beragam pula di pasaran. Sebut saja tang biasa, tang jepit, tang buaya dan tang potong. Tiap jenis punya fungsi yang berbeda. Tapi khusus tools rumahan, sediakan tang biasa.

Karena fungsinya amat bergantung pada tangan pe­ma­kainya, sebaiknya pilih tang yang punya handle yang nyaman saat dipakai. Kebanyakan tang hanya bergagang besi atau plastik. Alangkah nyaman jika memilih grip terbuat dari karet karena enggak licin. Soal fitur, tersedia tang yang dilengkapi pemotong yang dapat dipakai untuk memotong kabel hingga kawat besi. Selain itu, ada juga tang yang bisa di-adjust sudut bukaannya. Bila ingin menjepit benda yang agak besar, tinggal pindahkan klip sehingga tang akan ‘menganga’ lebih lebar.

Di pasaran merek tang juga beragam. Ada produk Ace Hardware, Santus dan Bolin. Selain itu, jangan lupakan juga aspek material bahan. Pilih tang dengan bahan yang antikarat. Sebab kalau enggak, lama-kelamaan gerak engsel tang akan keras atau malah tak bergerak sama sekali alias kaku.

Demikianlah informasi mengenai Tips dan Cara Agar Kembang Mur Tidak Dol Dengan Toolkit Berkualitas yang dapat MotorAlap sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadi sumber inspirasi bagi kamu.
 
© Copyright 2016 - 2017 Inspirasi Dunia Otomotif | Powered by Blogger.com.