Tips dan Cara Berkendara di Tanjakan Atau Turunan

Tips dan Cara Berkendara di Tanjakan Atau Turunan ---Mengendarai sepeda motor memang sangatlah membutuhkan konsentrasi serta kondisi badan yang fit agar keselamatan pengendara dapat terjamin selamat sampai tujuan. Selain itu, kesabaran serta keterampilan para pengendara juga dibutuhkan mengingat tidak semua jenis jalan bisa kita lewati dengan mudah salah satu contohnya jalanan yang memiliki tanjakan atau turunan.
Tips dan Cara Berkendara di Tanjakan Atau TurunanDalam kesempatan kali ini MotorAlap akan mencoba berbagi informasi untuk kamu mengenai Tips dan Cara Berkendara di Tanjakan Atau Turunan yang sangat kamu butuhkan terutama saat turing ke luar kota. Langkah-langkah yang harus dilakukan ini dalam kondisi jalanan turunan dan tanjakan dalam sudut kemiringan berapapun.

Tanjakan
Gunakan kecepatan secara normal saat melaju di jalur menanjak. Usahakan menggunakan posisi gear sesuai kecepatan dan ketinggian tanjakan. Semakin tinggi tanjakan, gunakan gear di posisi rendah. Saat berhenti, sebaiknya gunakan kaki kanan sebagai pijakan. 
Agar motor tidak bergerak turun atau naik, tarik tuas rem depan dan pindahkan posisi gear ke satu. Kaki kanan dipilih sebagai pijakan dengan pertimbangan mempercepat gerakan kaki saat menghadapi situasi darurat. 
Pengereman di tanjakan harus lebih banyak menggunakan rem belakang. Hal ini untuk menahan gaya dorong kendaraan ke belakang. Hindari posisi di belakang kendaraan berukuran besar, seperti truk dan bus. Bila terpaksa harus berada di belakang kendaraan besar, ambil posisi di sebelah kanan atau mengambil jarak paling aman di belakangnya.
Turunan
Sama seperti melalap tanjakan, gunakan kecepatan normal saja. Bila merasa tidak safety dengan kecepatan normal, gunakan kecepatan sedang saja. 
Fungsikan rem depan lebih besar daripada rem belakang. Langkah ini dilakukan untuk menahan daya dorong motor ke arah depan. Saat berhenti di turunan, gunakan pula kaki kanan sebagai penopang.

Demikianlah informasi mengenai Tips dan Cara Berkendara di Tanjakan Atau Turunan yang dapat motorAlap sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadi sumber inspirasi bagi kamu.
 
© Copyright 2016 - 2017 Inspirasi Dunia Otomotif | Powered by Blogger.com.