Tips dan Cara Merawat Fuel Pump Injeksi Agar Aman

Tips dan Cara Merawat Fuel Pump Injeksi Agar Aman ---Sebagai salah satu sepeda motor injeksi terlaris di Indonesia saat ini, Yamaha V-Ixion memang sangat nyaman untuk dikendarai, ditambah lagi teknologi injeksi yang dimilikinya membuat Yamaha V-Ixion juga nyaman di kantong.
Tips dan Cara Merawat Fuel Pump Injeksi Agar Aman
Namun berdasarkan pengamatan keluhan konsumen sepea motor injeksi, ada beberapa masalah yang sering terjadi salah satunya yaitu masalah pada Fuel Pump. Oleh karena itu dalam kesempatan kali ini MotorAlap akan mencoba berbagi sedikit tips dan cara untuk teman-teman pemilik Yamaha V-Ixion yang ingin merawat sendiri kondisi Fuel Pump Injeksi sepeda motor kesayangannya, berikut informasi tips lengkapnya :
Akhir-akhir ini, heboh masalah fuel pump mobil rusak. Disinyalir disebabkan kualitas bahan bakar. Nah di dunia maya, banyak pemakai motor injeksi merasa was-was. Kekhawatiran mereka sama, takut fuel pump jebol.

Buat kamu para pengguna Yamaha V-Ixion, sebenarnya V-Ixion relatif aman dari ancaman fuel pump rusak. Tapi tetap ada beberapa faktor yang bisa memicu kerusakan. Fuel pump V-Ixion sekarang sudah didesain aman dari panas, karena celah impeller telah dibuat lebih longgar, lalu filternya pun bisa diganti. Seperti diketahui, pada V-Ixion keluaran awal (2007), sempat muncul masalah fuel pump ngadat jika motor kepanasan. Penyebabnya, ketika kena panas impeller sedikit mengembang, sehingga tak bisa bekerja, macet deh.

Awalnya fuel pump didesain bukan untuk lingkungan tropis, sehingga ketika di sini muncul masalah. Makanya yang sekarang dibikin sedikit lebih longgar. Pompa pun aman, namun suaranya jadi sedikit lebih berisik. Dari pihak Honda juga menyatakan, motor-motor injeksinya (Supra X 125 PGM-Fi, PCX, Revo Techno AT) relatif aman. Karena sudah pernah kami tes, dengan bensin kotor sejauh 100 km pun tak mengalami masalah. Begitu juga Kawasaki, KLX 250 dan D-Tracker 250. Sampai saat ini belum ada masalah, karena rekomendasinya kan juga mesti pakai bahan bakan beroktan 92 ke atas.

Masalah yang terjadi di mobil, disinyalir pompa bekerja lebih berat, Sehingga panas, maka bagian dalamnya mengembang, efeknya jadi macet. Makanya kami sarankan setelah ganti pompa baru hendaknya ganti jenis bahan bakar. Sebab ada kejadian setelah ganti fuel pump dan kembali diisi Premium, seminggu kemudian rusak lagi. Meski pada motor - masih - relatif aman, ada beberapa hal yang memungkinkan pompa ngadat.

Seperti pemilihan bensin harus yang terjamin kualitasnya, jangan beli di pinggir jalan yang memungkinkan ada campuran. Lalu pemakaian aditif, karena bisa bikin endapan di tangki. Juga hati-hati kala mencuci, jangan disemprot terlalu kuat di tutupnya, karena bisa masuk yang menyebabkan motor brebet, motor mesti sering dihidupkan. “Agar bahan bakar tak mengendap yang bikin gel dan basi, yang bisa berakibat pompa tersumbat. Buat sementara sih aman nih. Tapi Anda juga harus hati-hati dan waspada. Jangan sampai motor ikut jadi korban.

Demikianlah informasi mengenai Tips dan Cara Merawat Fuel Pump Injeksi Agar Aman yang dapat MotorAlap sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadi sumber inspirasi bagi teman-teman.
 
© Copyright 2016 - 2017 Inspirasi Dunia Otomotif | Powered by Blogger.com.