Tips dan Cara Merawat Sepeda Motor Sport Kesayangan

Tips dan Cara Merawat Sepeda Motor Sport Kesayangan ---Mengendarai sepeda motor jenis sport memang sangatlah menyenangkan apalagi jika kamu juga termasuk salah satu orang yang hobi otomotif maupun kegiatan touring. Untuk menjaga sepeda motor kesayangan selalu dalam kondisi yang baik alias prima tentu saja membutuhkan perawatan berkala.
Tips dan Cara Merawat Sepeda Motor Sport KesayanganKarakter sepeda motor jenis sport memang sedikit memiliki perbedaan dengan sepeda motor biasa, oleh karena itu perawatannya juga harus mendapatkan perhatian khusus dari pemiliknya. Dalam kesempatan kali ini MotorAlap akan mencoba berbagi informasi untuk kamu pemilik sepeda motor sport yang ingin merawat serta menjaga performa terbaik sepeda kesayangannya, berikut tips lengkapnya :
Oli. Ganti setiap 2.000 - 3.000 km kalau menggunakan jenis mineral. Bila sintetik, boleh 5.000 - 6.000 km. Penting untuk melumasi komponen di kepala silinder, seperti katup, pelatuk katup (rocker arm) dan nokken as..Cara mengecek aliran oli, buka baut pengecekan di dekat kepala silinder (lihat foto). Ketika bautnya dibuka, oli harus menyemprot, minimal mengucur. Jika tidak, dipastikan alirannya kurang baik. Bisa dicek sendiri, buka dengan memutar bautnya. Karena blok silinder sepeda motor sport hampir vertikal, aliran oli harus bagus. 
Untuk mesin dengan pendingin cairan (radiator), pengecekan harus dilakukan dengan beberapa tahap. Pertama, rutin ganti cairan (coolant) setelah 9.000 km. Cek atau pastikan kondisi pompa air (waterpump) agar tidak mampet. Periksa selang-selang air dan pastikan tidak ada yang bocor! 
Bushing lengan ayun dan bearing rawan oblak. Cara mengeceknya, pegang lengan ayun, minta orang lain menahan sepeda motor bagian depan, lalu goyang ke kanan-kiri (lihat foto). Kalau oblak, harus ganti. Bagi yang sering melewati jalan rusak, bagian tersebut rawan rusak. Kalau bebek tidak ada bearing, langsung bushing. 
Rawat secara berkala sambungan (relay) lengan ayun (lihat foto). Tugasnya menghubungkan antara rangka dan lengan ayun. Keduanya harus menahan beban yang cukup berat. Perawatan berkalanya, beri gemuk. 
Pastikan komstir sehat, terutama untuk yang sering melewati jalan "kerinting", polisi tidur dan naik-turun. Karena rem mendadak, mangkuk beariing akan aus. 
Kopling. Kalau merasa seret, periksa jalur kabelnya. Bila perlu beri gemuk!

Demikianlah informasi mengenai Tips dan Cara Merawat Sepeda Motor Sport Kesayangan yang dapat MotorAlap sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadi sumber inspirasi bagi kamu.
 
© Copyright 2016 - 2017 Inspirasi Dunia Otomotif | Powered by Blogger.com.