Cara Bore Up Yamaha Vixion Makin Kencang Hingga 182cc

Cara Bore Up Yamaha Vixion Makin Kencang Hingga 182cc ---Yamaha Vixion merupakan salah satu sepeda motor sport berkapasitas 150 cc dari Yamaha yang saat ini lagi dalam masa kejayaannya. Hal ini tentu saja tidak lepas dari motornya sendiri yang mempunyai kualitas yang sangat luar biasa, performa mesin yang handal serta teknologi fuel injeksi yang membuatnya semakin efisien terhadap bahan bakar menjadikan Yamaha Vixion sebagai idola motor sport di tanah air.
Cara Bore Up Yamaha Vixion Makin Kencang Hingga 182ccNamun meskipun demikian, tetap saja masih banyak sahabat MOTORALAP yang menginginkan Yamaha Vixionnya bisa lari lebih kencang (kurang puas). Oleh karena itu solusi yang paling tepat adalah melakukan bore up. Dalam kesempatan kali ini MOTORALAP akan mencoba berbagi informasi kepada teman-teman mengenai tips atau cara bore up Yamaha Vixion kesayangan agar bisa lebih kencang, performa meningkat hingga 182cc, penasaran? Berikut informasi lengkapnya.

Langkah pertama yang dilakukan bore up, dengan melakukan penggantian piston alias part penggebuk ruang bakar. Dari piston standar yang punya diameter 57 mm (149,8 cc), kemudian ‘ditukar’ menggunakan piston label High Speed 63 mm. Kini kalau dibulatkan, kapasitas isi silinder jadi 182,5 cc.

Namun sebelumnya harus pasang boring besi. Sebab, standarnya menggunakan sistem DiASil dan sudah habis kena korter. Untuk mengimbangi seher yang sudah besar, kubah ruang bakar diperlebar. Sesuai dengan diameter seher yang sudah 66 mm. Namun untuk memperkecil kompresi, squish head dibubut dibuatkan nat agar mendem 0,5 mm.

Klep tetap dibiarkan standar, tapi tetap dilakukan porting polish di kepala silinder. Inti dari tahap ini, untuk memperbaiki dan memperlancar aliran gas bakar atau flow di lubang isap atau buang. Tahap seterusnya, kem atau noken as ikutan dipapas sebanyak 1 mm. Tujuannya agar lift dan durasi bukaan klep bisa lebih tinggi.

Bore up sampai 182,5 cc diperlukan suplai gas bakar yang lebih banyak. Awalnya masih menggunakan injeksi standar. Namun mesin nembak-nembak yang menandakan kekurangan bensin. Dengan kata lain campuran kurus bensin.

Awalnya untuk menambah suplai gas bakar hanya seting CO menggunakan diagnostic tool. Campuran dibikin kaya sampai mentok tetap saja mesin batuk-batuk alias nembak-nembak. Sampe setel angin di throttle body. Sekrupnya disetel sampe abis agar udara yang masuk sedikit. Tetap saja nembak-nembak.

Akhirnya dicarikan solusi. Coba ganti injektor. Fungsi injektor di motor berteknologi fuel injection adalah untuk mensuplai semprotan bahan bakar dengan tekanan tinggi ke ruang bakar. Tentu, sesuai signal dari komputer. Soalnya, karena memang sistem injeksi, sudah paten terprogram oleh ECU/ECM.

Menggunakan injektor berlubang banyak. Standarnya hanya 6 luang. Diganti dengan injektor yang punya lubang 10. Namun tetap harus seting ulang CO. Menggunakan diagnostic tool. Diseting pada +3. Setingnya dilakukan di bengkel resmi. Angka ini berdasarkan beberapa kali percobaan. Sampai didapat setingan agar tidak lagi terdengar suara letupan. Dor...

Oh ya, biaya paket bore up ini sekitar Rp 2,5 juta. Meliputi beberapa tahapan dengan penggantian beberapa spare part. Untuk info lebih lanjut, hubungi 0813-9727-6606.

Demikianlah informasi mengenai Cara Bore Up Yamaha Vixion Performa Makin Kencang Hingga 182cc yang dapat MOTORALAP sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menajdi inspirasi bagi kamu.
 
© Copyright 2016 - 2017 Inspirasi Dunia Otomotif | Powered by Blogger.com.