Cara Cegah 5 Bagian Sepeda Motor Yang Rawan Kena Karat

Cara Cegah 5 Bagian Sepeda Motor Yang Rawan Kena Karat ---Kurangnya perawatan pada sepeda motor yang kita miliki tentu saja akan berdampak buruk terhadap kondisinya apalagi jika di beberapa bagian sepeda motor tersebut sudah terdapat karat yang pastinya akan cepat terjadi pengeroposan.
Cara Cegah 5 Bagian Sepeda Motor Yang Rawan Kena KaratSalah satu musuh utama kendaraan bermotor adalah karat. Karat merupakan hasil korosi, yaitu oksidasi suatu logam. Salah satu penyebab karat adalah air. Berhubung sekarang ini sudah musim hujan, ada titik-titik dari sepeda motor yang rawan karat.

Sebaiknya jika motor habis kena hujan atau kotor, langsung dicuci pakai air bersih dan dilap sampai kering, ini cara mudah mencegah karat, dan berikut ini MOTORALAP akan berbagi informasi mengenai beberapa bagian sepeda motor yang rawan terkena karat yang harus kamu waspadai.
1. Swingarm
Sambungan swingarm rawan karat. Selain itu bushing swingarm yang posisinya di dalam sering terkena kotoran. Jika pelumas kering, bushing akan berkarat dan berefek pada handling motor yang jadi enggak stabil.
2. Rangka
Rangka motor rawan karat, terutama pada bagian sambungan dan bagian yang sulit dijangkau ketika dicuci. Jika terkena karat bisa diampelas sampai karat hilang dan dicat ulang untuk mencegah besi rangka langsung terkena udara. Untuk motor sport, bagian dekat aki paling sering berkarat.
3. Monosok
Bukan pada unit monosoknya, tapi pada dudukannya. Khusus yang menggunakan link seperti Yamaha Scorpio bushing-bushing di dalamnya rawan terserang karat. Efeknya handling gak nyaman dan suara-suara aneh ketika sok mengayun.
4. Knalpot
Khususnya bagian leher knalpot, paling sering terkena air kotor dari cipratan roda. Ini berlaku untuk knalpot berbahan galvanis, untuk stainless lebih tahan karat.
5. Rantai
Posisi yang terbuka jelas rawan terhadap karat, terlebih jika rantai minim pelumas. Suara berisik, tarikan berat hingga rantai putus jadi akibatnya.
Demikianlah informasi mengenai Cara Cegah 5 Bagian Sepeda Motor Yang Rawan Kena Karat yang dapat MOTORALAP sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi kamu.
 
© Copyright 2016 - 2017 Inspirasi Dunia Otomotif | Powered by Blogger.com.