Tips dan Cara Mudah Atasi Komstir Setang Motor Susah Belok

Tips dan Cara Mudah Atasi Komstir Setang Motor Susah Belok ---Mengendarai sepeda motor dengan kecepatan tinggi dan tiba-tiba ketika sepeda motor tersebut ingin dibelokkan, setangnya terasa keras (susah belaok) padahal ketika sepeda motor dalam keadaan diam, setang tersebut tidak terasa berat dan biasa-biasa saja. Hal semacam ini tentu saja akan sangat berbahaya bagi pengendara.
Tips dan Cara Mudah Atasi Komstir Setang Motor Susah BelokMasalah ini bisa saja timbul disebabkan setelan laher komstir terlalu kencang. Pada saat bola-bola laher mulai peang, putarannya semakin berat dan tidak stabil lagi. Makanya setang maunya lurus terus meskipun sudah dibelokkan. gejala macam ini kerap terjadi pada motor-motor keluaran sekarang.

Mur setelan komstir kadang suka berubah sendiri. Sehingga mur di bawah yang punya tugas mengatur kekencangan bola-bola laher jadi makin rapat. Malah bikin berat putaran setir.

Hal itu diperparah diameter bola-bola laher yang makin kecil dan tidak di tempatkan pada sangkarnya. Begitu kena tekanan keras, bentuk laher gampang berubah dan putarannya jadi enggak stabil. Nah, sebelum masalah tersebut dialami, baiknya lakukan pemeriksaan. Terutama kekencangan mur pengunci bagian atas dan mur penstabil kekencangan laher di rumah komstir.

Untuk penyetelan, seperti biasa, cover bodi dan tebeng depan dilepas dulu. Biar enak ngerjainnya, mur pengunci setang juga dicopot, agar mur kontra dapat deng­an mudah diatasi.

Kalau sudah terlihat, coba dulu kendurkan mur kontra bagian atas. Lalu mur kontra pengatur kekencangan rumah komstir diseting ulang biar gerak setang lebih fleksibel. Kalau sudah pas, baru deh mur kontra atas yang dikencangkan. Tapi, agar mur gak ikut mutar, gunakan kunci khusus yang bentuknya seperti catok.

Demikianlah informasi mengenai Tips dan Cara Mudah Atasi Komstir Setang Motor Susah Belok yang dapat MOTORALAP sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi kamu.
 
© Copyright 2016 - 2017 Inspirasi Dunia Otomotif | Powered by Blogger.com.