Teknologi Mesin SOHC vs DOHC Kelebihan dan Kekurangan

Teknologi Mesin Motor SOHC vs DOHC Kelebihan dan Kekurangan ---Dari tahun ke tahun berbagai produsen sepeda motor memang selalu bersaing dalam memberikan produk terbaik mereka dengan keunggulan-keunggulannya masing masing salah satunya yaitu teknologi mesin. Seperti yang sering kita dengarkan berbagai teknologi mesin pada sepeda motor sport contohnya yang terpopuler di kelas 150cc yaitu Yamaha Vixion, Suzuki Satria Fu 150, dan Honda CB 150R sudah menggunakan teknologi mesin canggih yang sering disebut DOHC dan SOHC.
Teknologi Mesin SOHC vs DOHC Kelebihan dan Kekurangan
Teknologi mesin seperti apa sih yang sering disebut DOHC dan SOHC, dan apa saja keunggulan atau kelebihan maupun kekurangannya? Berikut dalam kesempatan kali ini MOTORALAP akan mencoba untuk menjelaskannya secara rinci kepada teman-teman mengenai keunggulan atau kelebihan maupun kekurangan dari mesin motor teknologi SOHC dan DOHC.

Teknologi Mesin SOHC vs DOHC Kelebihan dan Kekurangan
Teknologi Mesin Motor DOHC dan SOHC dibedakan berdasarkan jumlah pasang overhead camshaft pada tiap silinder. Untuk mengetahui keunggulan dan kelemahan DOHC dan SOHC, perlu diketahui terlebih dahulu konsep internal combustion engine atau mesin yang memiliki karakter terjadinya pembakaran di dalam mesin itu sendiri, dalam hal ini terjadi di silinder.

Konsepnya adalah, makin banyak bahan bakar dan udara yang masuk untuk di bakar, semakin besar power yang dihasilkan mesin. Sebaliknya, semakin sedikit bahan bakar dan udara yang dibakar, semakin kecil power yang dihasilkan. Dalam hal ini, DOHC yang memiliki jumlah dua pasang overhead camshaft tiap silinder (sepasang lebih banyak daripada SOHC), memiliki kemampuan memasukkan bahan bakar dan udara lebih banyak daripada SOHC, artinya mesin DOHC menghasilkan power yang lebih besar dari mesin SOHC.

Sebagai konsekuensinya, mesin DOHC akan lebih boros karena asupan bahan bakar lebih banyak daripada mesin SOHC. Jadi dapat dikatakan dengan suatu istilah, “DOHC means power, SOHC means economic”. Biasanya mesin DOHC lebih mahal harganya karena membutuhkan jumlah part yang lebih banyak daripada SOHC yaitu lebih banyak overhead camshaft dan lebih banyak valve.

Selain itu, jumlah overhead camshaft yang lebih banyak membutuhkan power yang lebih banyak juga untuk menggerakkannya. Hal ini akan mengurangi power yang dihasilkan dari mesin itu sendiri walaupun tidak terlalu banyak. Jadi power yang dihasilkan oleh mesin akan terpakai sedikit untuk menggerakkan part yang lebih banyak pada mesin DOHC walaupun tidak signifikan.

Demikianlah informasi mengenai Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Mesin motor SOHC vs DOHC yang dapat MOTORALAP sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi kamu.
 
© Copyright 2016 - 2017 Inspirasi Dunia Otomotif | Powered by Blogger.com.