Tips dan Cara Mudah Kuras Minyak Rem Motor

Tips dan Cara Mudah Kuras Serta Ganti Minyak Rem Cakram Motor ---Sebagai komponen penahan laju kendaraan, kinerja rem memang harus selalu diperhatikan apalagi jika rem tersebut adalah jenis rem cakram atau disc brake. Cara kerja rem cakram sendiri dibantu oleh tekanan dari brake fluid atau cairan rem (yang selama ini dikenal dengan minyak rem).
Tips dan Cara Mudah Kuras Serta Ganti Minyak Rem Cakram Motor
Jika kondisidari minyak rem pada sepeda motor kamu dirasa sudah kurang bagus lagi maka ada baiknya kamu mengganti minyak rem tersebut dan tentu sebelumnya kamu harusmelakukan pengurasan terlebih dahulu, bagaimana caranya? Berikut akan MOTORALAP sampaikan informasi lengkap mengenai Tips dan Cara Mudah Kuras Minyak Rem Motor, berikut informasi lengkapnya.

Menguras minyak rem, gampang-gampang susah. Biar bener-bener gampang, sebelumnya siapkan perlengkapan yang dibutuhkan. Antara lain; obeng kembang, lap bersih dan slang transparan. Obeng kembang berfungsi membuka tutup master remnya.
  1. Buka master rem dan masukkan minyak rem ke dalam master rem perlahan-lahan. Jangan sampai mengenai bagian bodi motor atau bagian lain. Sebaiknya sebelum melakukan, lindungi bagian sekitarnya dengan kain. Bahan minyak rem bisa merusak bodi motor.
  2. Setelah minyak rem dimasukkan, pasang slang pada nipel kaliper rem. Lalu, pompa handle rem berulang-ulang samapi terasa lebih keras. Cara ini untuk membuang udara yang masuk.
  3. Kemudian, tahan sebentar handle rem. Kemudian, kendorkan nipel kaliper perlahan sampai ada minyak rem dan gelembung udara yang keluar. Jika cairan itu sudah keluar, lakukan kembali proses pengencangan baut nipelnya.
  4. Jangan lupa kembali tekan-tekan untuk menghilangkan gelembung yang ada di slang. Atur jarak main remnya. Kalau masih kurang, bisa kembali ditambahkan minyak rem. Lalu tutup kembali master rem dan cek kekerasan baut pada master rem dan kalipernya.
  5. Apabila ada minyak rem yang menetes ke bagian motor, segera lap bersihkan. Agar tidak merusak cat atau bagian motor lainnya. Atau, bisa juga segera siram pakai air bersih.
Demikianlah informasi mengenai Tips dan Cara Mudah Kuras Minyak Rem Motor yang dapat MOTORALAP sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi kamu.
 
© Copyright 2016 - 2017 Inspirasi Dunia Otomotif | Powered by Blogger.com.