Tips dan Cara Mengatasi Kopling Motor Keras atau Berat

Tips dan Cara Mengatasi Kopling Motor Keras atau Berat ---Mengendarai sepeda motor dengan kopling manual tentu saja akan memberikan sensasi yang berbeda dibandingkan dengan tanpa kopling manual. Namun berdasarkan beberapa keluhan dari para sahabat MOTORALAP, mereka sangat sering merasa kurang nyaman mengendarai sepeda motor kesayangannya akibat kopling motornya yang bermasalah yaitu terlalu keras atau terasa berat.
Tips dan Cara Mengatasi Kopling Motor Keras atau Berat
Oleh karena itu dalam kesempatan kali ini MOTORALAP akan mencoba untuk berbagi informasi kepada teman-teman mengenai cara mengatasi permasalahan pada kopling motor kesayangan tersebut, berikut informasi lengkapnya Tips dan Cara Mengatasi Kopling Motor Keras.

Penyebab kopling keras ada beberapa macam, diantaranya kabel kopling yang sudah lama dan air masuk ke dalam selongsong kabel kopling yang akan membuat karat dan bikin seret. hingga akibat ubahan yang dilakukan pada per kopling untuk meladeni tenaga yang besar pada mesin korek/upgrade. Cara Mengatasi Kopling Motor Keras :
  1. kopling keras tanpa pernah melakukan ubahan pada komponennya, cara memperbaikinya adalah dengan melumasi kabel kopling atau melakukan penggantian kabel kopling. lumasi tuas kopling juga.
  2. kopling keras akibat ubahan pada komponen kopling per kopling dan sebagainya, cara memperbaikinya adalah dengan langkah sama seperti di atas ditambah dengan melakukan ubahan pada tuas kopling bawah (yang di blok mesin) dengan memanjangkan tuas tersebut. bisa dipotong dan sambung kembali dengan menambah sedikit supaya panjang, bisa juga dengan menempelkan atau tambahin plat di baut ke tuas tadi. yang pasti supaya lebih panjang.
Ada juga trik lainnya untuk membuat kopling motor kamu tidak terasa berat yaitu dengan menambahkan sebuah alat kecil yang dinamakan tul. Alat ini harganya cukup terjangkau. Nantinya setut tuas kopling terletak di gir boks kanan. Dengan setut ini tuas asli bertambah panjang, sehingga bebannya menjadi lebih ringan.

Kalau sudah dingin, kendurkan kopling di bak mesin kanan dengan menggunakan kunci pas 14. Lepaskan penahan kopling. Selipkan pengenteng kopling ke tuas setut kopling. Kemudian tekan plat penjepit peringan dengan menggunakan tang.

Setelah itu baru pasang bautnya dan rapatkan dengan kunci pas dan ring 8. Selipkan lagi penahan kawat kopling, kemudian setel ulang kopling. Kalau Anda sudah melakukan langkah-langkah ini, bisa dipastikan kopling motor kamu dapat menjadi lebih enteng.

Demikianlah informasi mengenai Tips dan Cara Mengatasi Kopling Motor Keras atau Berat yang dapat MOTORALAP sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi kamu.
 
© Copyright 2016 - 2017 Inspirasi Dunia Otomotif | Powered by Blogger.com.