Tips dan Cara Mengatasi Rantai Keteng Satria Fu Berisik

Tips dan Cara Mengatasi, Mencegah, Memperbaiki Suara Rantai Keteng Suzuki Satria Fu Berisik ---Sebagai komponen penerima putaran dari dari crankshaft dan dilanjutkan untuk menggerakkan chamshaft di kepala silinder, antau Keteng atau Kamprat atau juga Timing Chain memang sering mengalami masalah salah satunya yaitu mengeluarkan suara yang berisik.
Tips dan Cara Mengatasi, Mencegah, Memperbaiki Rantai Keteng Suzuki Satria Fu Berisik
Contoh sepeda motor yang sering mengalami masalah rantai keteng berisik adalah Satria Fu, terus bagaimana cara memperbaiki maupun mengatasi masalah rantai keteng pada Suzuki Satria Fu ini? Berikut dalam kesempatan kali ini MOTORALAP akan mencoba untuk berbagi informasi kepada teman-teman yang ingin mencoba memperbaki sepeda motornya sendiri yaitu Tips dan Cara Mengatasi, Mencegah, Memperbaiki Rantai Keteng Suzuki Satria Fu Berisik, berikut informasi lengkapnya.

Chamshaft merupakan peranti yang berfungsi untuk mengatur beberapa klep di mesin. Klep tersebut terdiri dari klep untuk gas masuk maupun yang keluar ke ruang bakar mesin. Sehingga bila rantai keteng rusak maka proses buka tutup klep juga tidak sempurna, dan pembakaran juga tidak bakal berjalan sempurna. Bahkan, dalam kasus yang ekstrem rantai tersebut putus. Akibatnya, di saat motor melaju kencang akan tiba-tiba berhenti dan motor sulit dikendalikan. Sebab bagian-bagian yang rontok itu akan mengenai girbok dan kepala silinder mesin.

Seiring dengan waktu pemakaian yaitu tiga hingga lima tahun, peranti itu akan aus. Namun beberapa perlakuan yang salah terhadap motor juga turut memicu terjadinya kerusakan tersebut. Perlakuan yang salah itu antara lain, suhu mesin yang kerap panas melebihi standar, putaran mesin yang tinggi karena motor sering dipacu untuk balap, serta penggantian oli yang sering terlambat. Bila hal itu terjadi maka rantai juga akan melar dan kendur, akibatnya menimbulkan suara berisik. Bahkan dalam kondisi ekstrem putus atau rontok.

Untuk mengetahui bahwa masalah suara berisik dari mesin motor Satria Fu tersebut benar-benar dari Rantai Keteng caranya cukup mudah, panasi motor kamu pada pagi harus dan dengarkan apakah ada suara-suara berisik seperti tek, tek, tek… Bila suara tersebut dalam waktu 10 – 15 menit telah hilang berarti proses pelumasan yang bermasalah. Artinya kualitas oli telah jelek, sehingga harus diganti.

Namun, jika ternyata lebih dari 15 menit suara belum hilang berarti rantai atau tensionernya yang bermasalah. Adapun cara untuk mencegah permasalahan ini, selain rajin mengganti oli adalah jangan mengangkut beban berat yang melebihi kapasitas yang ditoleransi pabrikan. Selain itu gunakan teknik mengendara yang baik dan benar, terutama di kala melibas jalanan yang menanjak dengan tingkat sudut kemiringan yang besar.

Selain rutin melakukan pemeriksaan, yaitu minimal setahun sekali, juga disarankan untuk mengganti oli secara rutin dan tepat waktu. Bila kamu ragu, bawalah motor kamu ke Bengkel Resmi. Bila motor kamu merupakan motor yang berjenis menggunakan tensioner, maka pahami juga bagian tensionernya. Tensioner adalah peranti untuk mengatur tingkat ketegangan rantai tersebut.

Hal ini perlu diperhatikan, pasalnya dalam beberapa kasus ternyata rantai keteng tersebut tidak mengalami masalah, dan yang bermasalah hanya pada tensionernya. Jika itu terjadi, maka cukup menyetel ulang tensioner. Namun, bila keduanya baik rantai maupun tensioner telah aus, sebaiknya diganti semua.

Demikianlah informasi mengenai Tips dan Cara Mengatasi, Mencegah, Memperbaiki Rantai Keteng Suzuki Satria Fu Berisik yang dapat MOTORALAP sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi kamu.
 
© Copyright 2016 - 2017 Inspirasi Dunia Otomotif | Powered by Blogger.com.