Tips dan Cara Upgrade Performa Yamaha X-Ride Tingkatkan Kompresi

Tips dan Cara Upgrade Performa Yamaha X-Ride Tingkatkan Kompresi ---Sebagai sepeda motor matic dari Yamaha yang didesain khusus untuk para pecinta adventure off-road, performa mesin Yamaha X-Ride memang sudah sangat luar biasa. Jika dilihat secara detail, X-Ride dipersenjatai dengan mesin berkapasitas 115cc yang sama dengan Soul GT.
Tips dan Cara Upgrade Performa Yamaha X-Ride Tingkatkan Kompresi
Mesin berkonfigurasi empat langkah, dua valve, SOHC, berpendingin kipas. Jantung mekanis ini mampu menghasilkan tenaga hingga 7,75 PS di putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 8,5 Nm di 5.000 rpm tentu saja merupakan performa yang cukup tinggi untuk kelas motor matic.

Namun buat para sahabat MOTORALAP pemilik Yamaha X-Ride yang menyukai kegiatan adventure off-road, terkadang performa asli dari Yamaha X-Ride tersebut masih dirasa kurang. Oleh karena itu dalam kesempatan kali ini MOTORALAP akan mencoba untuk berbagi informasi mengenai Tips dan Cara Upgrade Performa Yamaha X-Ride dengan cara Tingkatkan Kompresi, penasaran? Berikut informasi lengkapnya.

Tarikan mesin putaran bawah Yamaha X-Ride, sudah terbilang yahud. Tapi di kalangan pengguna khususnya yang doyan adventure off-road, kondisi itu masih dianggap kurang responsif dan masih bisa dimaksimalin. Oleh karena itu, roller dengan bobot ringan jadi pilihan agar tarikannya lebih galak. Itu bukan satu-satunya, gigi rasio Yamaha Nouvo dicomot menggantikan standarnya.

Ada cara lain yang bisa digunakan, guna mendongkrak tenaga X-Ride Menaikkan perbandingan rasio kompresi, juga bisa bikin mesin X-Ride galak. Meningkatkan perbandingan rasio kompresi itu, membuat semakin padat campuran udara dan bahan bakar. Setelah melewati proses pembakaran di ruang bakar, yang kemudian membuat adanya peningkatan tenaga di X-Ride.

Tapi kompresi tinggi, juga harus diikuti dengan penggunaan bahan bakar beroktan tinggi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, untuk menaikkan kompresi. Dari yang pasang piston berkubah tinggi, papas silinder head, ubah bentuk coakan pada silinder head dan lain-lain.

Butuh pengorbanan, jadi kata yang tepat kalau salah satu dari cara itu yang dipakai untuk menaikkan kompresi. Tapi jangan khawatir, ada cara lain yang bisa dipakai buat memadatkan campuran udara dan bahan bakar. Dengan copot paking bagian bawah silinder blok. Memang mudah, tapi jangan dianggap remeh pengerjaannya.

Maksudnya yaitu perhatikan soal cara pasang kembalinya. Dengan tidak memakai paking bagian bawah, maka pemasangan silinder blok harus pakai sealent. Enggak perlu tebal-tebal alias tipis saja saat mengoleskan sealent yang berbentuk pasta. Malah bisa bikin masalah kalau sealent-nya terlalu tebal. Itu karena sealent bisa menutupi jalur oli yang ada di crankcase X-Ride. Akibatnya oli enggak bisa naik ke silinder head.

Demikianlah informasi mengenai Tips dan Cara Upgrade Performa Yamaha X-Ride dengan cara Tingkatkan Kompresi yang dapat MOTORALAP sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi kamu.
 
© Copyright 2016 - 2017 Inspirasi Dunia Otomotif | Powered by Blogger.com.